Selasa, 28 Maret 2017

PENGERTIAN, HAKIKAT, DAN MAKNA DEMOKRASI

Demokrasi berasal dari bahasa Yunani, demos yang berarti rakyat dan kratos yang berarti memerintah. Atau dengan kata lain demokrasi diartikan sebagai pemerintahan rakyat.

Menurut Abraham Lincoln, demokrasi diartikan sebagai pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Pengertian ini dapat dijabarkan sebagai berikut:

Pertama, pemerintahan dari rakyat. Hal ini berarti kekuasaan yang dimiliki pemerintah pada dasarnya berasal dari rakyat.

Kedua, pemerintahan oleh rakyat. Dalam hal ini, rakyat mendelegasikan perwakilan mereka untuk melaksanakan sistem pemerintahan yang berlangsung.

Ketiga, pemerintahan untuk rakyat. Kekuasaan yang dipegang oleh pemerintah sudah tentu direncanakan dan dilaksanakan untuk kesejahteraan rakyat, bukan hanya untuk keuntungan penguasa semata.

Dari pengertian di atas dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa pada hakikatnya demokrasi adalah pembuatan keputusan secara bersama, yang ditentukan bersama-sama, dan tiap anggota memiliki hak yang sama untuk terlibat dalam pengambilan setiap keputusan.

Hal-hal lain mengenai pengertian, hakikat, dan makna demokrasi dapat dilihat di sini.

0 komentar:

Posting Komentar