Rabu, 11 November 2015

Menentukan Soal Cerita yang Berkaitan dengan Operasi Hitung Campuran Bilangan Cacah

Kompetensi Dasar: Memahami konsep operasi hitung bilangan bulat serta dapat menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator: Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan operasi hitung campuran bilangan cacah.

Matematika tidak lepas dalam kehidupan sehari-hari. Setiap hari kita menghadapi masalah yang berkaitan dengan matematika. Ibu belanja di pasar, pedagang melakukan kegiatan jual beli, pegawai bank melayani nasabah, dan sebagainya.
Berikut adalah beberapa contoh soal yang berkaitan dengan penerapan operasi hitung campuran cacah dalam kehidupan sehari-hari.
1)      Sebuah barak pengungsian dihuni sebanyak 115 orang. Untuk memelihara kesehatan, mereka diwajibkan minum 2 pil vitamin C setiap hari. Para pengungsi itu telah tinggal selama 45 hari. Berapa banyak pil yang telah dihabiskan selama itu?
Jawab:
Diketahui:
Jumlah pengungsi 115 orang
Lama tinggal 45 hari
Minum pil 2 x sehari
Ditanyakan:
Berapa banyak pil yang telah dihabiskan?
Penyelesaian:
1 hari menghabiskan pil = 115 x 2 = 230 pil
45 hari menghabiskan pil = 45 x 230 = 10.350 pil
Jadi, banyak pil yang telah dihabiskan adalah 10.350 pil.
2)      Di halaman sekolah terdapat tumpukan bata sebanyak 256 buah. Bata-bata itu harus dipindahkan ke tempat lain. Berapa orang anak diperlukan untuk memindahkannya jika banyaknya anak dan bata yang dipindahkan untuk setiap anak sama?
Jawab:
Perhatikan!
256 = a x b
a = anak dan b = bata
tetapi a = b
Maka a dan b merupakan akar dari 256, yaitu 16.
Jadi, jumlah anak = 16 orang dan tiap anak memindahkan 16 bata.

Kesimpulan:
Untuk menyelesaikan soal cerita haruslah:
a.     Soal dibaca dengan baik, untuk menemukan kata kunci dalam soal tersebut.
b.    Berdasarkan kata-kata kunci tersebut, tentukan apa yang diketahui, apa yang ditanyakan, dan pengerjaan apa yang harus dilakukan.
c.     Setiap soal dapat diselesaikan dengan berbagai cara.

Soal Pendalaman:
1.     Hasil tangkapan ikan kapal Baruna sebanyak 14 keranjang. Setiap keranjang diisi 158 ekor ikan. Ikan-ikan tersebut disetorkan kepada 4 pedagang secara merata. Berapa ekor ikan yang diterima setiap pedagang?
a.   548
b.   551
c.   553
d.   558
2.     Bu Ria mempunyai persediaan buku tulis 162 buku. Ia membeli lagi 15 ikat buku tulis, setiap ikat berisi 18 buku tulis. Buku tersebut dibagikan kepada 27 anak panti asuhan. Jika setiap anak memperoleh buku tulis sama banyak, berapa buku tulis yang diterima setiap anak?
a.   172
b.   100
c.   27
d.   16
3.     KUD Barakah Jaya mempunyai persediaan beras 45 karung. Masing-masing karung beratnya150 kg. Apabila seluruh beras tersebut disalurkan kepada 5 pedagang sama banyak, maka beras yang akan diterima setiap pedagang adalah … kg.
a.   1.310
b.   1.320
c.   1.340
d.   1.350
4.     Hasil panen mangga seorang petani buah sebanyak 34 keranjang. Setiap keranjang berisi 224 buah mangga. Petani tersebut akan menjual hasil panen mangga kepada 8 pedagang buah secara merata. Jadi setiap pedagang buah akan mendapat buah mangga sebanyak … buah.
a.   1.520
b.   1.250
c.   952
d.   847
5.     Di toko Makmur tersedia 13 karung tepung terigu masing-masing berisi 105 kg. Hari ini toko tersebut menerima kiriman tepung terigu 145 kg. Berat tepung terigu di toko tersebut sekarang adalah … kg.
a.   1.990
b.   1.510
c.   1.500
d.   1.410

Sumber: Hariyani, Tiwuk Dwi. 2014. Bank Soal & Kupas Tuntas USM (SD/MI) 2015 Edisi Lengkap. Surabaya: Genta Group Production

1 komentar: