Rabu, 11 November 2015

Menyelesaikan Soal Cerita yang Berkaitan dengan Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan

Kompetensi Dasar: Memahami konsep operasi hitung bilangan pecahan serta dapat menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator: Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan pecahan.

Berikut ini adalah contoh soal yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan pecahan.
1)      Dua kaleng minyak tanah berisi  liter dan 3,85 liter. Dari minyak tanah yang ada itu digunakan untuk memasak sebanyak 8 liter. Berapa liter sisanya?
Jawab:
 + 3,85 – 8 = …
6,8 + 3,85 – 8 = 2,65
Jadi, sisa minyak tanah sebanyak 2,65 liter.
2)      Sebuah kaleng minyak berisi 8,45 liter. Kemudian diisi lagi sebanyak 6,7 liter. Untuk keperluan memasak dan mengisi lampu, diperlukan 12 liter. Berapa liter sisa minyak sekarang?
Jawab:
8,45 + 6,7 – 12 = 3,15
Jadi, sisa minyak sekarang adalah 3,15 liter.

Soal Pendalaman:
1.     Fatma mempunyai kain sepanjang  meter. Kemudian membeli lagi  meter. Kain tersebut digunakan untuk membuat baju  meter. Sisa kain Fatma adalah … meter.
a.  
b.  
c.  
d.  
2.     Bibi mempunyai persediaan  liter minyak goreng. Kemudian  liter digunakan untuk keperluan memasak. Bibi membeli minyak goreng lagi  liter. Persediaan minyak goreng bibi sekarang adalah … liter.
a.  
b.  
c.  
d.  
3.     Untuk membuat kue bolu kukus, Inang membeli tepung terigu  kg. Karena kurang, dia membeli lagi 3, 75 kg. Setelah selesai membuat kue bolu kukus, tepung terigu yang tersisa sebanyak  kg. Tepung terigu yang digunakan oleh Inang untuk membuat kue bolu kukus adalah ….
a.   12,6 kg
b.   11,4 kg
c.   5,1 kg
d.   3,9 kg
4.     Semula Adel memiliki tepung terigu  kg. Kemudian dia membeli lagi 3,75 kg. Setelah dicampur, tepung terigu tersebut digunakan untuk membuat kue. Jika tersisa  kg, berat tepung terigu tersebut digunakan untuk membuat kue adalah ….
a.   7,45
b.   7,55
c.   7,75
d.   9,15
5.     Bu Bambang menyediakan tepung ketan untuk membuat kue keranjang pada hari raya Imlek sebanyak  kg. Kemudian dia membeli lagi  kg. Setelah dicampur,  kg tepung tersebut digunakan untuk membuat kue. Berat tepung yang tersisa adalah ….
a.    kg
b.    kg
c.    kg
d.    kg

Sumber: Hariyani, Tiwuk Dwi. 2014. Bank Soal & Kupas Tuntas USM (SD/MI) 2015 Edisi Lengkap. Surabaya: Genta Group Production

0 komentar:

Posting Komentar