Senin, 15 Februari 2016

Keajaiban Teh Kombucha

Memang, Tuhan tak pernah menciptakan sesuatu yang sia-sia. Bahkan jamur pun yang biasanya hidup di atas kotoran, mengandung manfaat buat manusia. Termasuk untuk dikonsumsi sebagai obat. Jamur teh misalnya. Kombucha (cairan jamur teh) adalah salah satu probiotik yang mulai populer pada tahun 2002. Baik di negara-negara Asia seperti Indonesia, Malaysia dan China, maupun di negara-negara Eropa dan Amerika.

     Cairan jamur teh ini dikenal di berbagai negara dengan nama antara lain: Tea Fungus, Fungus japanicas, Fungojapon, Indo-Japanese tea fungus, Cembuya orientalis, Combuchu, Tschambucco, Volga spring, Mo-Gu, Champignon de longue vie, Tie Kvas, Teakwass, Kwassan, Kargasok Tea, Kocha kinoko, Manchurian mushroom tea. Focus, majalah mingguan Jerman, dalam edisi nomor 34/21 Agustus 1995, menyebutkan sejumlah selebritis penggemar Kombucha. Di antaranya adalah artis Daryl Hannah, Linda Evans, Madonna, sutradara Oliver Stone, dan mantan presiden AS, Ronald Reagan.

     Prof. B. Lindner (1917-1918) melaporkan bahwa jamur ini kebanyakan digunakan sebagai pengatur (regulator) atau untuk penyembuh aktivitas organ pencernaan yang kurang baik jalannya. Demikian juga halnya dengan pembengkakan di sekitar dubur atau anus dapat disembuhkan, seperti wasir atau ambeien.

     Majalah The American Raum & Zeit yang terbit di Munt Vernon, Amerika, dalam edisi nomor 5/Volume 2/1991, memaparkan khasiat teh Kombucha yang dikemukakan sejumlah ahli. Bacinskaja (1914), menyatakan bahwa minuman ini efektif untuk kegiaatan perut serta usus, khususnya pada bagian pembuangan. Professor S. Bazarewski, dalam suatu laporan di Correspondence for the Association of Nature Researchers in Riga (1915), mengungkapkan bahwa sebagian penduduk Latvia di provinsi Rusia Baltic, yaitu di Livland dan Kurland, memiliki obat tradisional yang bernama "Brinum Ssene" yang secara harfiah diterjemahkan sebagai "jamur ajaib". Penduduk Latvia menggambarkan jamur ini sebagai suatu kekeuatan penyembuhan yang ajaib untuk berbagai macam penyakit. Beberapa penduduk yang ditanya oleh Bazarewski menyatakan bahwa jamur ini bisa menyembuhkan pusing kepala, bahkan sangat berguna untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.


Sumber: Kurniawan, Arif, dkk. 2008. Biology Insight: Mengkaji Kehidupan, Memupuk Keimanan. Sukoharjo: Hamudha Prima Media.

0 komentar:

Posting Komentar