Senin, 15 Februari 2016

Fritz Haber

Fritz Haber lahir pada tanggal 9 Desember 1868 di Breslau, Jerman. Selama tahun 1886 hingga 1891, dia belajar kimia di Universitas Heidelberg, Universitas Berlin dan Sekolah Teknik  di Carlottenberg.

     Pada tahun 1896, Haber diangkat sebagai Privatdozent dengan tesis mengenai dekomposisi dan pembakaran hidrokarbon. Selanjutnya, pada tahun 1906 dia diangkat menjadi Profesor Kimia Fisika dan Elektrokimia serta Direktur pada institut yang didirikan di Karlsruhe. Dan pada tahun 1911, Haber menjabat sebagai Direktur Kimia Fisika dan Elektorkimia di Berlin.

     Pada tahun 1898, dia menerbitkan buku tentang elektronika. Dalam buku tersebut dia menyatakan bahwa dia bermaksud menghubungkan penelitian kimia dengan proses industri. Di tahun yang sama, dia juga mengumumkan hasil penelitiannya mengenai oksidasi dan reduksi elektrolisis. Selanjutnya, Haber banyak melakukan penelitian tentang elektrokimia. Dia mendapatkan hadiah Nobel di bidang kimia pada tahun 1918 karena berhasil menyintesis amonia dari unsur-unsurnya, yaitu hidrogen dan nitrogen.

     Selama tahun 1920 hingga 1926, Haber melakukan eksperimen daur ulan emas dari air laut. Dia mengabdikan hidupnya untuk menekuni ilmu pengetahuan. Selain hadiah Nobel, Haber juga mendapatkan banyak tanda kehormatan. Fritz Haber meninggal pada tanggal 29 Januari 1934 dalam perjalanan dari Inggris ke Swiss.


Sumber: Saputro, Agung Nugroho Catur dan Irwan Nugraha. 2008. Bertualang di Dunia Kimia. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

0 komentar:

Posting Komentar