Senin, 15 Februari 2016

Irving Langmuir

Irving Langmuir lahir di Brooklyn, New York pada tanggal 13 Januari 1881. Pada ahun 1903, Langmuir lulus sebagai insinyur metarulgi dari Sekolah Pertambangan di Columbia University. Di tahun 1906, dia mendapatkan gelar M.A dan Ph.D berkat penelitian pascasarjananya dalam bidang kimia. Langmuir kemudian menjadi instruktur bidang kimia di Stevens Institute of Technology, Hoboken, New Jersey sampai tahun 1909. Dia kemudian bekerja di Laboratorium Penelitian Perusahaan General Electric di Schenectady dan akhirnya dia menjadi Associate Director. Dia melakukan studi di bidang kimia, fisika, dan rekayasa teknik.

     Langmuir merupakan orang pertama yang mengamati film-film monoatomik yang terserap di filamen tungsten dan platinum. Dia melakukan eksperimen film minyak di atas air untuk merumuskan teori mengenai film yang terserap. Dia juga melakukan penelitian tentang efek isi ruang dan fenomena-fenomena terkait.

     Berkat penelitian-penelitian yang dilakukakannya, Langmuir mendapat banyak penghargaan. Penghargaan-penghargaan tersebut di antaranya Nochols Medal (1915 dan 1920), Canizzaro Prize (1925), Penghargaan Bulanan Populer bidang Ilmu Pengetahuan (1932) dan Farady Medal (1944). Dia juga mendapat hadiah Nobel bidang kimia pada tahun 1932.

     Langmuir menjadi rekanan Organisasi Fisika Amerika, anggota Masyarakat Kimia London dan anggota kehormatan Institut Logam Inggris. Langmuir juga menjabat sebagai Presiden Masyarakat Kimia Amerika  dan Presiden Asosiasi Pengembangan Ilmu Pengetahuan Amerika. Dia meninggal pada tanggal 16 Agustus 1957.


Sumber: Saputro, Agung Nugroho Catur dan Irwan Nugraha. 2008. Bertualang di Dunia Kimia. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

0 komentar:

Posting Komentar