Senin, 15 Februari 2016

Victor Grignard

Francois Auguste Victor Grignard  dilahirkan pada 6 Mei 1871 di Cherbourg. Dia melanjutkan studi di Fakultas Ilmu Pengetahuan Universitas Lyons namun gagal dalam ujian untuk meraih gelar di bidang matematika. Pada tahun 1892, dia meninggalkan universitas dan mengikuti wajib militer. Menjelang akhir tahun 1893, Grignard keluar wajib militer dan kembali ke Universitas Lyons. Dia memperoleh gelar Licencie es Sciences Mathematiques di Universitas tersebut pada tahun 1894.

     pada tahun 1901, Grignard berhasil menyelesaikan tesisnya tentang senyawa-senyawa magnesium organik. Berkat tesis tersebut, dia dapat meraih gelar Doktor Ilmu Pengetahuan di Lyons. Selanjutnya, ia diangkat sebagai Ketua Konferensi di Universitas Besancon pada tahun 1905. Di tahun 1908 dia menjabat sebagai Profesor Kimia Umum dan di tahun 1909 dia mendapat jabatan di Departemen Kimia Organik di Nancy, menggantikan Blaisae yang pindah ke Paris. Kemudian, pada tahun 1910, Grignard berhasil meraaih gelar sebagai Profesor Kimia Organik. Grignard mengunjungi Amerika Serikat selama tahun 1917-1918 ssebagai perwakilan kimia untuk Komite Perdagangan. Pada tahun 1919, dia menjabat sebagai Profesor Kimia Umum di Lyons.

     Grignard melakukan penelitian tentang ethyl betaisopropylacetobutyrate dan streoisomeric diisopropylbutenediclcarboxylc acids. Dia juga melakukan penelitian tentang hidrokarbon tak jenuh yang terpecah. Grignard terlibat dalam penelitian substansi senyawa-senyawa tak jenuh dengan menggunakan ozonisasi kuantitatif, pengembunan aldehid dan keton, perpecahan hidrokarbon dengan adanya alumunium klorida, dan hidrogenasi katalitik.

     Grignard mendapat hadiah Cahours (Institut Prancis) pada tahun 1901, Prix Jecker pada tahun 1905, dan Medali Lavoisier pada tahun 1912. Dia juga mendapat hadiah Nobel Kimia pada tahun 1912 berkat penemuannya berupa reagen yang kemudian diberi nama reagen Grignard. Grignard meninggal pada tanggal 13 Desember 1935.


Sumber: Saputro, Agung Nugroho Catur dan Irwan Nugraha. 2008. Bertualang di Dunia Kimia. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

0 komentar:

Posting Komentar